Kamis, 27 Oktober 2011

Fundamental : Data Eropa : Kesepakatan solusi krisis kredit tercapai


  • Sebuah sumber dari KTT Eropa seperti yang dilansir Reuters pagi ini mengatakan bahwa para petinggi Eropa dan petinggi perbankan semakin menuju kata sepakat untuk mencapai haircut obligasi Yunani hingga 50%. Sebelumnya diskusi ini berjalan sengit dan alot karena ini merupakan writedown bagi para pemegang obligasi Yunani (dalam hal ini sektor perbankan).
  • Di saat yang hampir bersamaan, presiden Perancis, Nicholas Sarkozy, mengatakan bahwa dana talangan Eropa (EFSF) akan ditingkatkan menjadi sekitar 1,4 trilyun dolar AS. Ditambahkannya pula bahwa Cina akan ikut berpartisipasi dalam penguatan dana talangan di EFSF tersebut. Paket baru EFSF tersebut akan diawali pada bulan November.
  • Hal senada juga diungkapkan oleh kanselir Jerman, Angela Merkel, mengenai haircut Yunani dan perkiraan penambahan dana talangan EFSF. Sementara Merkel lebih rinci memproyeksikan kerangka untuk haircut dan penambahan dana EFSF pada akhir November – menjelang itu dirinya yakin ini semua sifatnya masih fleksibel.
  • Selain itu 27 petinggi negara Eropa yang menghadiri KTT Eropa Brussel sepakat untuk melakukan rekapitalisasi perbankan.
  • EURUSD terakselerasi naik 0,6% pagi ini, hingga mendekati level 1.4000, tepatnya di sekitar 1.3993 (Reuters Quote) pada pukul 09.18 WIB. Kenaikan EURUSD juga diikuti kenaikan aset-aset beresiko seperti bursa saham Asia, ditandai dengan kenaikan Nikkei sekitar 0,5% ke level 8799.42, hingga kenaikan indeks harga saham gabungan Bursa Efek Indonesia sebesar 0,95% ke level tertingginya lebih dari 1 bulan, di 3774.267.

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review