Senin, 24 Oktober 2011

Fundamental : Outlook Eropa


  • Dolar AS jatuh pada Jumat dan mencapai rekor terendah terhadap yen pada spekulasi Eropa semakin dekat untuk memecahkan krisis utang, tetapi sebagian besar analis ragu bahwa pembuat kebijakan akan segera menghasilkan rencana yang komprehensif.
  • Prancis dan Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa para pemimpin Eropa akan membahas solusi untuk krisis pada pertemuan puncak pada hari Minggu, tetapi belum akan ada keputusan yang akan diadopsi sebelum pertemuan kedua yang akan diadakan pada hari Rabu.
  • Optimisme bahwa para pemimpin Eropa akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah krisis utang setelah sejumlah laporan yang saling bertentangan selama seminggu terakhir telah kembali mendorong minat investor untuk memburu saham dan investasi lainnya yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dan menurunkan permintaan untuk dolar.
  • Tekanan jual dolar semakin bertambah setelah Gubernur Federal Reserve Daniel Tarullo mengatakan pada hari Kamis ada kebutuhan untuk langkah‐langkah stimulus tambahan, dan The Fed harus mempertimbangkan langkah untuk membeli lebih banyak lagi obligasi hipotek untuk meningkatkan sektor perumahan dan ekonomi. Namun Presiden Fed Dallas Richard Fisher pada hari Jumat tidak setuju dengan pandangan Tarullo untuk membeli lebih banyak sekuritas untuk membantu pasar perumahan.
  • Terhadap dolar, euro naik 0,5% menjadi $ 1,3846, setelah mencapai intraday high di $ 1,3900 dan rebound dari level intraday low $ 1,3703.
  • Dengan masih adanya keraguan atas keberhasilan dari rencana penuntasan krisis utang Eropa, maka euro berpotensi untuk kembali terkoreksi ke level $1.30 di akhir tahun. Euro juga terkoreksi terhadap sejumlah rival utamanya. Euro merosot 0,5% ke 105.35 yen, turun 0,4% terhadap sterling dan anjlok 0,6% terhadap franc Swiss.
  • Namun demikian. sebagian besar analis mengatakan penguatan bursa Wall Street Jumat kemarin dan sell‐off pada dolar masih sulit untuk dikatakan mewakili optimisme investor terhadap segera dicapainya solusi untuk menuntaskan maslah krisis utang Eropa.
  • Ada sejumlah indikasi bahwa para pemimpin Eropa semakin mendekati kesepakatan untuk menambah kekuatan European Financial Stability Facility (EFSF) – dana talangan Eropa sebesar 440 milyar euro – atau pada jumlah rekapitalisasi yang dibutuhkan bank‐bank Eropa dan seberapa besar “pemangkasan” yang harus diambil oleh pemegang obligasi swasta atas obligasi Yunani yang mereka miliki.
  • Hari Senin ini akan dirilis data PMI untuk sektor manufaktur dan jasa periode Oktober. Jika data menunjukkan terjadi ekspansi pada kedua sektor, maka berpotensi memicu rebound euro dan aset‐aset beresiko lainnya.
(vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review