Rabu, 26 Oktober 2011

Fundamental : Outlook Eropa


  • Euro terkoreksi dari level tertinggi 6 pekan pada hari Selasa setelah penundaan keputusan pada pertemuan para menteri keuangan Eropa (Ecofin) telah menambah keraguan bahwa KTT Eropa yang dijadwalkan akan berakhir hari Rabu ini, akan menghasilkan sebuah rencana komprehensif untuk mengatasi krisis utang kawasan.
  • Mata uang tunggal zona euro jatuh ke posisi terendah awal sesi New York setelah sebuah laporan mengatakan pertemuan menteri keuangan Uni Eropa, yang dikenal sebagai Ecofin, dibatalkan menyusul rincian masalah yang akan dibahas pada pertemuan itu belum selesai. Laporan tersebut memicu kekacauan di pasar dengan saham‐saham AS dan euro jatuh, sementara US Treasuries menarik tawaran sebagai safe‐haven.
  • Sedangkan di sesi sore, euro terakhir bergerak di sekitar $1.3905, turun 0.2%, setelah sempat terkoreksi ke level intraday low di $1.3849 akibat berita mengenai penundaan keputusan. Euro juga mencatat intraday high di $1.3960, level tertinggi sejak 8 September.
  • Euro juga mengalami tekanan setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Jerman menolak pernyataan pada draft KTT Uni Eropa yang meminta untuk mendukung kelanjutan kebijakan non‐standar ECB, atau pembelian obligasi bank di pasar skunder.
  • ECB telah membeli surat utang pemerintah untuk mengecek peningkatan biaya pinjaman di sejumlah negara zona euro, terutama Italia dan Spanyol. Data ECB yang diumumkan hari Senin menunjukkan bank telah membeli obligasi senilai 4,49 milyar euro dari tanggal 13‐19 Oktober, naik dari 2,243 milyar di pekan sebelumnya dan mengambil keseluruhan program dengan total pembelian senilai 169,5 milyar euro.
  • Investor mengharap adanya keputusan yang positif dari sidang KTT Eropa hari ini, yang berpotensi memicu rebound euro hingga menembus di atas $1.40, sementara harga euro yang relatif kuat saat ini juga rentan tekanan jual.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review