Kamis, 27 Oktober 2011

Fundamental : Outlook Eropa


  • Euro menguat terhadap sejumlah rivalnya Rabu kemarin, terinspirasi oleh laporan optimis bahwa dana bailout Eropa bakal ditambah sebesar 1 trilyun euro untuk mengatasi krisis utang yang tengah melanda kawasan.
  • Para pemimpin Eropa akan meningkatkan pendanaan 400 milyar European Financial Stability Facility dengan “beberapa kali lipat”, demikian draft mengatakan, sementara sumber Uni Eropa mengatakan bahwa jumlah dana talangan akan ditambah sekitar 4 kali lipat.
  • Bursa AS menguat, euro naik diatas $1.39, sementara obligasi pemerintah AS bertenor 30 tahun turun lebih dari 1 poin setelah investor kembali memburu aset‐aset beresiko. Namun demikian, euphoria ini nampaknya hanya sementara saja, karena penggunaan leverage (menaikkan kapasitas nilai dana) untuk mengatasi masalah utang yang besar akan berakibat parah.
  • Euro secara cepat menguat atas dolar setelah diumumkan draft statement zona euro tersebut, namun kemudian terkoreksi setelah investor kecewa bahwa detil rencana baru akan diputuskan pada November mendatang. Di sesi sore New York, euro sedikit melemah ke $1.3892, namun jauh di atas day low $1.3798. Euro mencatat intraday high di $1.3908. Euro juga menguat terhadap sejumlah rival utamanya, naik 0,2% ke 105.95 yen dan naik 0,4% ke 1.2251 franc Swiss. Terhadap sterling, euro naik 0,1% di 87.03 pence.
  • Sebelumnya, parlemen majelis rendah Jerman telah menyetujui mosi untuk memperkuat dana penyelamatan zona euro melalui leveraging, memberikan mandat kepada Kanselir Angela Merkel untuk bernegosiasi pada KTT Eropa di Brussels. Juga pada Rabu, ketua Bank Sentral Eropa yang baru, Mario Draghi, mengisyaratkan bank akan terus membeli obligasi dari anggota zona euro yang bermasalah untuk meredam gejolak pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review