Senin, 24 Oktober 2011

Fundamental : Outlook GBP


  • Akhir pekan lalu sterling sempat menguat ke level tertinggi sepanjang 6‐pekan terakhir terhadap dollar AS ke 1.5973 ditunjang oleh laporan meningkatnya permintaan terhadap poundsterling dari bank kliring asal Inggris (British Clearer, yaitu bank kliring yang mendominasi pengambilan deposito dan pinjaman jangka pendek dalam pasar domestik dengan denominasi poundsterling). Dukungan bagi performa sterling juga menguat seiring naiknya kinerja ekuitas ditunjang harapan bahwa pemimpin Uni‐Eropa akan segera menyepakati penanganan krisis hutang kawasan tersebut.
  • Dalam sepekan terakhir, sterling tercatat menguat 0,2% terhadap dollar AS ke 1.5847, sterling juga menguat 0,2% terhadap yen ke 121.64, melemah 0,3% terhadap Swiss franc ke 1.4071 dan turun 0,3% terhadap Aussie dollar ke 1.5371. Sementara itu euro tercatat melemah 0,7% terhadap sterling ke 0.8708. • Meskipun demikian sterling dan aset beresiko lainnya, masih rentan dari tekanan jual jika terjadi perubahan sentimen berkaitan dengan hasil European Summit nantinya. Fundamental ekonomi Inggris sendiri masih lemah, terutama dengan adanya kemungkinan penggelontoran dana QE lanjutan untuk mendukung pulihnnya ekonomi. Program QE akan membuat pasar dibanjiri oleh mata uang poundsterling dalam jumlah besar, cenderung akan menurunkan permintaan investor terhadap mata uang bersangkutan.
  • Pekan ini minim dari rilis data fundamental ekonomi yang cukup signifikan yang akan menjadi panduan bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan posisi dan arah pergerakan pasar. Pelaku pasar antara lain hanya akan mengamati rilis data current account untuk kuartal kedua yang diprediksi mengalami perbaikan menjadi ‐7,3 miliar poundsterling dari ‐9,4.
  • Sementara itu pada sesi Kamis 27 Oktober akan rilis CBI industrial trends untuk Oktober. Data CBI ini diprediksi akan memperlihatkan kondisi pelaku bisnis manufaktur yang kurang optimis mengenai prospek produksi jangka pendek. Produsen diperkirakan belum akan mempertimbangkan untuk menaikkan harga produk di pasar domestik dalam 3‐bulan ke depan ditengah lemahnya permintaan masyarakat.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review