Senin, 24 Oktober 2011

Fundamental : Outlook Jepang


  • Dalam sepekan terakhir, dollar AS tercatat melemah 1% terhadap yen ke 76.26 setelah sempat mencapai level terendah sepanjang sejarah di 75.83 yen. Sementara itu euro tercatat melemah 0,9% terhadap yen ke 105.92, sementara itu sterling tercatat menguat 0,2% terhadap yen ke 121.64 yen dan Aussie dollar mencatat pelemahan 0,5% terhadap yen ke 79.11.
  • Pekan lalu Gubernur BOJ – Masaaki Shirakawa menyatakan bahwa tensi pada pasar keuangan dunia berkaitan dengan kondisi krisis hutang Uni‐Eropa ternyata mengalami penurunan. Lebih lanjut Shirakawa menyampaikan bahwa kuatnya kondisi ketidakpastian sektor keuangan baik yang berasal dari luar negeri maupun domestik masih menjadi ancaman bagi outlook ekonomi Jepang kedepannya. Shirakawa memperkirakan yen dan Swiss franc masih akan menarik minat beli investor seiring naiknya sentimen risk aversion.
  • Sementara itu Menteri Keuangan Jun Azumi menyampaikan optimismenya bahwa Uni‐Eropa akan menemukan solusi untuk menangani krisis hutang kawasan tersebut sebelum pertemuan G20 pada awal November mendatang.
  • Pekan ini pelaku pasar antara lain akan mengamati rilis data retail sales untuk September yang diperkirakan masih akan lebih baik dari Agustus, meskipun masih mencatat penurunan sebesar ‐0,1%.
  • Sementara itu BOJ meeting pada 27 Oktober luas diperkirakan akan mempertahankan kebijakannya saat ini dan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Jepang. Tingkat pengangguran (unemployment rate) pada September diperkirakan akan meningkat menjadi 4,4% dan industrial production diprediksi turun tajam ‐2,1% dari 0,6%
         (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review