Rabu, 26 Oktober 2011

Fundamental : Outlook Jepang


  • Menteri Keuangan Jun Azumi kembali mempertegas oerhatiannya bahwa apabila pasar terus mendorong penguatan yen lebih lanjut, maka pihaknya telah siap untuk mengambi langkah yang diperlukan guna menahan berlanjutnya apresiasi yen. “Penguatan tajam yen akhir‐akhir ini tidak merefleksikan kondisi ekonomi fundamental Jepang, dan saya menganggap hal ini terjadi karena maraknya aksi spekulasi”, demikian tandas Azumi.
  • Menurut Azumi, krisis hutang Uni‐Eropa lah yang menjadi faktor dibalik semakin besarnya aliran dana dalam kaitan pembelian yen. Untuk itu Azumi menghimbau pada pemimpin‐pemimpin Uni‐Eropa untuk dapat menyelesaikan masalah krisis kredit pada pertemuan lanjutan Rabu 26 Oktober ini.
  • Sementara itu pada kesempatan yang sama Menteri Ekonomi Jepang – Motohisa Furukawa menyampaikan keprihatinannya akan banjir yang menimpa Thailand, dimana berdampak pada penghentian operasional pabrik Toyota di Thailand. Furukawa menyatakan pihaknya akan mengawasi dengan seksama dampak dari banjir tersebut kepada ekonomi Jepang. Sedangkan BOJ mengatakan tengah mempertimbangkan untuk dana dalam bentuk Thailand Baht yang didukung oleh obligasi pemerintah Jepang sebagai jaminan, untuk mengatasi problem pendanaan yang mungkin dialami perusahaan asal Jepang terkait banjir tersebut.
  • Hingga akhir sesi NewYork, dollar AS tercatat turun 0,04% terhadap yen ke 76.04, euro tercatat melemah 0,2% terhadap yen ke 105.77.
  • Sementara itu pada pertemuannya hari ini, BOJ diperkirakan akan membahas kemungkinan penerapan pelonggaran moneter tambahan untuk mengontrol dampak dari penguatan yen terhadap ekonomi, demikian berdasarkan laporan dari the Nikkei business daily. Bank sentral kemungkinan akan melakukan ekspansi dalam program pembelian obligasi hingga 5 triliun yen (saat ini total jumlahnya 50 triliun yen) sebagai tambahan untuk melindungi ekonomi dalam negeri.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review