Rabu, 26 Oktober 2011

Fundamental : Outlook US & Global


  • Bursa saham global dan euro melemah pada sesi Selasa pasca pembatalan pertemuan menteri‐menteri keuangan yang kemudian meningkatkan keraguan di kalangan pelaku pasar bahwa lanjutan pertemuan European Summit pada Rabu 26 Oktober ini akan dapat menyepakati rencana penanggulangan krisis hutang kawasan tersebut.
  • Pertemuan European Summit memang tetap akan dilaksanakan sesuai jadwalnya, namun pertemuan dari para menteri‐menteri keuangan, yang disebut dengan Ecofin, dibatalkan karena detil dari pertemuan tersebut belum terfinalisasi dengan baik, demikian menurut sumber dari Reuters.
  • Pejabat ofisial Uni‐Eropa mengatakan bahwa para pemimpin kawasan tersebut diperkirakan belum akan memberikan gambaran yang jelas mengenai besaran dana yang akan digunakan untuk penanganan krisis hutang selanjutnya. Hal tersebut antara lain dipengaruhi oleh masih berjalannya negosiasi mengenai berapa kerugian yang akan diterima oleh perbankan dan institusi keuangan lainnya berkaitan dengan obligasi Yunani, dan kemungkinan gagal bayar.
  • Pemerintah Jerman secara resmi menolak salah satu butir draf kesepakatan yang menyatakan ECB akan melanjutkan pembelian obligasi di pasar sekunder. Dalam 2‐bulan terakhir ECB terus melakukan pembelian obligasi Spanyol dan Italia dalam rangka untuk menekan kenaikan borrowing cost dan meredam krisis hutang kawasan tersebut.
  • Kekhawatiran mengenai kondisi penanganan hutang Uni‐Eropa mendongkrak minat investor terhadap aset‐aset safe haven, kondisi mana kemudian mengangkat harga produk tresuri Amerika dan mendorong penguatan yen ke level tertinggi sepanjang sejarah terhadap dollar AS. Turut menunjang minat investor terhadap aset yang aman juga setelah rilis data consumer confidence Amerika yang menambah redup outlook ekonomi global kedepannya.
  • Bursa saham Amerika ditutup melemah antara lain turut tertekan redupnya outlook korporasi dalam laporan keuangannya. Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup melemah 207.00 poin atau 1.74% ke 11,706.62, indeks Standard & Poor's 500 <.SPX> melemah 25.14 poin atau 2.00% ke 1,229.05 dan Nasdaq Composite Index <.IXIC> melemah 61.02 poin atau 2.26% ke 2,638.42.
  • Sementara itu The FTSEurofirst 300 index of top European shares <.FTEU3> berakhir melemah 0.7% setelah sempat menguat ke level tertinggi sejak 11‐ pekan terakhir.
  • Euro turun 0,2% ke 1.3907 setelah sempat mencapai session low 1.3847 tertekan menurunnya optimisme investor akan penanganan krisis hutang Uni‐ Eropa. Sedangkan dollar AS kembali mencetak level terendahnya sepanjang sejarah terhadap yen ke 75.73 yen, meningkatkan ekspektasi kemungkinan intervensi dari otoritas keuangan Jepang guna menahan laju penguatan yen.
  • Harga emas menguat tajam, mencetak penguatan harian terbaik selama 2011 ini menyusul meningkatnya minat beli investor terhadap aset berstatus safe haven seiring rilis data konsumen Amerika yang mengecewakan dan penanganan krisis hutang Uni‐Eropa yang belum menampakkan kemajuan. Harga spot emas <XAU=> menguat 3% ke 1,703.35 USd per troy ounce.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review