Senin, 31 Oktober 2011

Fundfamental : Outlook Jepang

  • Menteri Keuangan Jun Azumi mengatakan “performa mata uang haruslah merefleksikan fundamental ekonominya, kami menyimpan kekhawatiran cukup besar akan pergerakan yen yang cenderung spekulatif dan pemerintah akan langkah yang diperlukan pada waktunya”. Komentar tersebut merupakan yang kesekian kalinya dalam sepekan terakhir, yang menguatkan indikasi bahwa pemerintah Jepang akan melakukan upaya intervensi jika nilai tukar yen terus melanjutkan penguatannya terutama terhadap dollar AS dan terhadap mata uang utama dunia lainnya.
  • Azumi diperkirakan akan membawa isu penguatan yen dihadapan pertemuan G20 yang akan diadakan pada pekan depan. Namun analis menganggap intervensi akan lebih sulit dilakukan karena ekspektasi pasar akan langkah tersebut begitu besar, karena cenderung sudah akan diantisipasi oleh pelaku pasar. Selain itu, Jepang juga diperkirakan tidak akan memperoleh dukungan sekuat intervensi gabungan beberapa waktu lalu mengingat mayoritas negara‐negara maju saat ini tengah berkutat dengan problem keuangannya masing‐masing.
  • Dalam sepekan terakhir, dollar AS tercatat melemah 0,4% terhadap yen ke 75.79 yen setelah sempat mencapai level terendah sepanjang sejarah di 75.64 yen. Sementara itu euro tercatat naik 1,5% terhadap yen ke 107.26, sementara itu sterling tercatat naik 0,6% terhadap yen ke 122.19 dan Aussie dollar mencatat penguatan 3,1% terhadap yen ke 81.10.
  • Pekan ini hanya akan ada rilis data di awal minggu, yaitu rilis pada sesi Senin 31 Oktober yaitu manufacturing PMI untuk Oktober, housing starts dan construction orders untuk September yang diperkirakan mengalami pelemahan dari periode sebelumnya.
         (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review