Rabu, 19 Oktober 2011

Outlook US & Global


  • Bursa saham global dan euro ditutup menguat, sementara indeks S&P 500 melonjak 2% seiring laporan media akan adanya kesepakatan pada peningkatan dana talangan dalam EFSF. Harga minyak jenis Brent crude oil turut mengut setelah sempat mencapai level terendah dalam kurun 1‐pekan terakhir. ICE Brent crude untuk pengiriman Desember <LCOZ1> ditutup menguat ke 111.15 USD per barrel, naik 99 cent atau 0.9%.
  • Harian asal Inggris ‐ Guardian merilis laporan bahwa Perancis dan Jerman telah mencapai kesepakatan untuk menaikkan jumlah dana talangan dalam EFSF menjadi sebesar 2 triliun euro (2.76 triliun USD). Saat ini European Financial Stabilization Facility (EFSF), hanya berjumlah total 440 miliar euro.
  • Berita ini kemudian menutupi kekhawatiran akan lemahnya pertumbuhan ekonomi Cina dan peringatan dari lembaga pemeringkat Moody’s untuk Perancis agar mengupayakan untuk mempertahankan peringkat kreditnya.
  • Sebelumnya optimisme investor sempat tertekan menyusul rilis laporan GDP CIna untuk kuartal ketiga yang melambat menjadi 9,1%, dibawah perkiraan 9,2%. Catatan tersebut merupakan kenaikan terlemah sejak kuartal kedua 2009 silam.
  •  Saham‐saham sektor keuangan di bursa Wall Street menguat seiring laporan earning dari Bank of America dan beberapa bank lain yang cukup menggembirakan. Indeks Dow Jones <.DJI> naik 180.05 poin atau 1.58% ke 11,577.05, indeks S&P500 <.SPX> ditutup menguat 24.52 poin atau 2.04% ke 1,225.38, sementara Nasdaq <.IXIC> ditutup menguat 42.51 poin atau 1.63% ke 2,657.43.
  •   Euro menguat setelah laporan dari Guardian tersebut, namun terdapat kemungkinan pelemahan euro dalam jangka pendek kedepan seiring masih adanya kekhawatiran bahwa penanganan krisis Uni‐Eropa belum akan tercapai pada akhir pekan ini. Euro menguat 0,4% terhadap dollar AS ke 1.3792 setelah mencapai session low 1.36525.
  •   Harga emas turun berturut‐turut dalam 2‐sesi terakhir menyusul naiknya kekhawatiran investor akan lemahnya pertumbuhan ekonomi Cina dan kemungkinan pemangkasan peringkat kredit Perancis. Harga spor emas <XAU=> turun 0,5% ke 1,663.19 USD per troy ounce.
  •   Sementara itu pasca penutupan sesi NewYork, lembaga pemeringkat Moody’s mengumumkan pemangkasan peringkat kredit Spanyol sebanyak dua tingkat menjadi A1 dari Aa2 dengan outlook negatif. Moody’s menyatakan bahwa tingginya tingkat hutang pada perbankan Spanyol dan sektor korporasinya membuat negara tersebut rentan terhadap krisis pendanaan.

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review