Selasa, 01 November 2011

Fundamental : Outlook Eropa



  • OECD telah memangkas proyeksi pertumbuhan untuk tahun depan di Amerika Serikat dan mengatakan kawasan euro sedang menuju perlambatan ekonomi yang tajam dan pemimpin G20 diperlukan secepatnya untuk mengembalikan kepercayaan diri untuk mencegah kontraksi besar di negara maju.
  • Dalam sebuah laporan yang dirilis pada hari Senin sebelum pertemuan puncak para pemimpin G20, Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) memangkas perkiraan untuk pertumbuhan 2012 di Amerika Serikat menjadi 1,8 persen dari 3,1 persen dan memangkas proyeksi untuk pertumbuhan di kawasan euro tahun depan menjadi 0,3 persen dari 2,0 persen pada proyeksinya di bulan Mei.
  • OECD menghimbau agar para pemimpin G20, yang akan melakukan pertemuan di Cannes pada tanggal 3‐4 November, harus bertindak sekarang juga untuk membendung gejolak pasar dan menunjukkan bahwa mereka dapat menerapkan reformasi struktural.
  • Sementara itu, data ekonomi zona euro menunjukkan inflasi diluar dugaan masih tetap tinggi di level 3 persen untuk kedua kalinya secara berturut‐turut di bulan Oktober, mendorong sejumlah ekonom untuk menunda proyeksi pemangkasan suku bunga ECB hingga Desember. Dengan kondisi ekonomi Eropa yang melambat, inflasi diprediksi bakal melemah setelah mencapai level tertinggi 3 tahun di bulan September. Namun tingginya harga makanan, minyak dan pajak di Italia telah menempatkan inflasi pada level yang sama.
  • Imbal hasil atau yield obligasi Italia juga dilaporkan naik mendekati level tertinggi sejak Agustus ketika ECB melakukan intervensi guna menopang pasar obligasi, menunjukkan kekhawatiran baru bahwa masalah‐masalah dalam perekonomian ketiga terbesar zona euro tersebut bisa mengancam seluruh blok. Lapora tersebut telah menekan euro atas dolar. Namun dolar berpotensi mengalami tekanan jual jika The Fed kembali menggulirkan putaran baru untuk program quantitative easing guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada sidang 2 harinya yang dimulai hari Selasa ini.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review