Selasa, 01 November 2011

Fundamental : Outlook Jepang


  • Yen melemah ke level terendah dalam kurun 3‐bulan terakhir terhadap dollar AS setelah pemerintah Jepang melakukan upaya intervensi untuk menahan laju penguatan nilai tukar yen. Pemerintah melalui Menteri Keuangan Jun Azumi menegaskan pihaknya akan terus melanjutkan upaya tersebut hingga hasilnya memuaskan, namun tidak menyebutkan secara jelas hingga level berapa pemerintah akan terus mengupayakan pelemahan yen.
  • Para analis memperkirakan intervensi kali ini melibatkan dana setidaknya antara 65 miliar USD hingga 75 miliar USD. Namun demikian, kalaupun dana yang dilibatkan “hanya” sebesar 65 miliar USD maka tetap akan tercatat sebagai jumlah intervensi terbesar sejak upaya intervensi terakhir pada 04 Agustus silam yang hanya 59,4 miliar USD.
  • Menteri Keuangan Jun Azumi mengatakan pihaknya tetap menjaga komunikasi intensif dengan beberapa negara dalam kaitannya dengan intervensi. Hal ini memunculkan dugaan akan adanya potensi bantuan intervensi dari negara lain, meskipun secara tegas Jepang menyatakan upaya intervensi kali ini merupakan intervensi tunggal. Intervensi tersebut kemudian mendongkrak saham‐saham eksportir yang kemudian turut menyokong performa indeks Nikkei ke level tertinggi sejak 3‐bulan terakhir.
  • Gubernur BOJ Masaaki Shirakawa menyambut baik upaya intervensi dari menteri keuangan Jepang dan pihaknya mengharapkan langkah tersebut akan mendorong pada tercapainya stabilitas di pasar keuangan. Penguatan yen akhir‐akhir ini menurut Shirakawa merupakan dampak dari krisis hutang berkepanjangan kawasan Uni‐Eropa yang berpengaruh pada meningkatnya aksi risk aversion di kalangan investor secara global.
  • Sebagai contohnya adalah Panasonic Corp yang memperkirakan akan mengalami kerugian tahunan sebesar 420 miliar yen (5,55 miliar USD) akibat besarnya biaya merumahkan karyawan dan penguatan nilai tukar yen. Kerugian tersebut berdasarkan data merupakan yang terburuk sejak 1‐dekade terakhir.
  • Hingga akhir sesi New York, dollar AS tercatat menguat 3,1% terhadap yen ke 78.17 yen, euro naik 1% terhadap yen ke 108.31 yen dan poundsterling menguat 2,8% terhadap yen ke 125.69 yen

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review