Jumat, 04 November 2011

Fundamental : Soal Kurs, SNB Siap Fleksibel



  • Bank Sentral Swiss (SNB) siap bertindak untuk melindungi perekonomia dan kurs mata uang jika perekonomian memburuk atau ancaman deflasi muncul. Komitmen tersebut dilontarkan oleh anggota Dewan SNB, Jean-Pierre Danthine.
  • Pemerintah ingin supaya kurs franc tetap stabil di tengah krisis antar kawasan. "Pun pada tingkat 1,20 franc per euro, kurs CHF tetap terbilang tinggi," kata Danthine pada sebuah acara di Jenewa. SNB berjanji melakukan upaya apapun jika prospek ekonomi dan risiko deflasi begitu membutuhkan. Pada 6 September lalu, Bank Sentral Swiss mengikat kurs franc di 1,20 per euro demi menghentikan apresiasi CHF.
  • Buruh Federasi Serikat Swiss, yang mewakili 380.000 pekerja, mengatakan pada 18 Oktober bahwa SNB harus menetapkan nilai tukar sampai setidaknya 1,40 per euro. Dengan begitu, daya saing produk di luar negeri bisa lebih baik lagi. Franc mencapai level tertinggi sepanjang masa 1,0075 pada 9 Agustus silam, atau sedikit dekat paritas.
  • Penguatan franc itu tidak hanya disebabkan oleh kekuatan relatif perekonomian Swiss, tetapi juga dipicu oleh status CHF sebagai safe haven. "Fenomena keuangan ini dapat menimbulkan kerusakan yang signifikan dan berpotensi permanen pada ekonomi riil," kata Danthine. Bank sentral Swiss akan menggelar rapat kebijakan moneter berikutnya pada 15 Desember.

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review