Kamis, 03 November 2011

Fundamental : Soal EFSF, China Berpikir Ulang


  • China menunda putusan ihwal partisipasinya dalam program bailout Eropa. Negara perekonomian terbesar Asia ini ingin menunggu kepastian lebih lanjut tentang Yunani.
  • "Rencana investasi belum dijelaskan secara detil, sehingga Kami bisa menentukan opsi investasi selain EFSF," ujar Wakil Menteri Keuangan China, Zhu Guangyao jelang G20 Summit di Cannes. Pemerintah lebih memilih untuk menanti perkembangan referendum yang terjadi di Athena sebelum mengambil sikap. "Sama seperti kolega Eropa lainnya, Kami juga tidak berharap referendum," tegas Zhu lagi.
  • Keikutsertaan China sangat diharapkan supaya Eropa bisa menambah kapasitas dana Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) menjadi 1 triliun euro. Di dalamnya termasuk agenda utama bailout untuk pemulihan ekonomi Yunani. Komentar Zhu dilontarkan saat presiden Hu Jintao menggelar pertemuan dengan Nicolas Sarkozy sebelum G20 Summit. Hu menyatakan bahwa solusi Eropa berada di tangan Eropa sendiri dan China percaya sepenuhnya dengan kemampuan institusi kawasan. "Kami (China) percaya bahwa Eropa punya kemampuan dan kebijaksanaan untuk memecahkan masalahnya sendiri," ujar Hu Jintao.

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review