Selasa, 25 Oktober 2011

Fundamental : Outlook GBP


  • Sterling mencapai level tertinggi terhadap dollar AS sejak 6‐pekan terakhir pada awal pekan ini ke 1.6001 seiring penguatan bursa saham global dan euro menyusul optimisme akan penanganan krisis hutang Uni‐Eropa. Pada European Summit akhir pekan lalu, negara‐negara Uni‐Eropa semakin dekat dengan kesepakatan pada upaya rekapitalisasi perbankan dan Jerman beserta Perancis diperkirakan akan segera menyepakati kenaikan dana EFSF.
  • Hingga akhir sesi New York, sterling tercatat menguat 0,9% terhadap dollar AS ke 1.5989, sterling stagnan terhadap yen dan Swiss franc masing‐masing ditutup di 121.64 dan 1.4081, namun sterling anjlok 0,6% terhadap Aussie dollar ke 1.5266. Sementara itu euro tercatat turun tipis 0,02% terhadap sterling ke 0.8706.
  • Namun demikian kesepakatan final dari dua isu utama tersebut baru ditunda hingga pertemuan lanjutan Rabu 26 Oktober ini. Perdebatan paling sengit masih berkisar pada besaran kerugian yang mungkin ditimpakan pada investor swasta berkaitan dengan obligasi Yunani dan kemungkinan gagal bayar hutangnya.
  • Analis mengingatkan bahwa sterling masih rentan terhadap tekanan jual terutama terhadap dollar AS mengingat kondisi ekonomi Inggris yang lemah dan prospek kerugian yang ditanggung akibat kemungkinan gagal bayar hutang Yunani. Terdapat kemungkinan bahwa penguatan sterling akhir‐akhir ini telah menyesuaikan dengan berita‐berita positif yang telah berkembang selama ini, sehingga apabila ada sentimen negatif yang cukup dominan maka akan berpotensi membalikkan pergerakan harga.
  • Sementara itu anggota BoE Martin Weale dalam sebuah wawancara televisi manyampaikan bahwa ekonomi Inggris akan mengalami kontraksi pada kuartal terakhir tahun ini dipengaruhi oleh krisis eropa yang menghantam sektor bisnis dan kepercayaan konsumen. Weale kembali mengingatkan adanya potensi Inggris kembali terpuruk kepada kondisi resesi sebagaimana yang dia perkirakan pada awal musim panas lalu.(vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review