Senin, 31 Oktober 2011

Fundamental : Outlook GBP


  • Sterling ditutup menguat, setelah sempat membukukan penguatan ke level tertinggi sepanjang 7‐pekan terakhir terhadap dollar AS. Secara bersamaan sterling juga berhasil menguat terhadap euro setelah pada sesi Kamis 27 Oktober sempat melemah tajam pasca kesepakatan penanganan krisis hutang Uni‐Eropa.
  • Dalam sepekan terakhir, sterling tercatat menguat 1,1% terhadap dollar AS ke 1.6120 (performa bulanan terbaik sejak April), naik 0,6% terhadap yen ke 122.19, namun turun 1,2% terhadap Swiss franc ke 1.3907 franc dan melemah 2,4% terhadap Aussie dollar ke 1.5060. Sedangkan euro mencatat kenaikan mingguan sebesar 0,8% terhadap sterling ke 0.8770, yang merupakan performa bulanan terbaik sejak Juni.
  • Salah satu faktor kunci bagi sterling apakah berhasil mengungguli diatas level SMA200 dalam jangka waktu dekat, meskipun analis meragukan stabilitas performa sterling hingga akhir tahun mengingat buruknya outlook ekonomi Inggris. Sterling juga masih rentan terhadap tekanan yang berasal dari kemungkinan pelonggaran moneter lanjutan oleh BoE yang akan meningkatkan neraca keuangan dan meningkatkan jumlah mata uang di pasar keuangan.
  • Pekan depan pelaku pasar akan mengamati serangkaian data ekonomi diantaranya consumer credit yang diprediksi masih suram karena besarnya kekhawatiran akan prospek ekonomi kedepan. Kemudian akan risil data aktifitas manufaktur, Manufacturing PMI untuk Oktober yang diperkirakan akan mengalami penurunan, berdasarkan survei dari CBI factory orders selama Oktober turun paling tajam sepanjang 2011 ini.
  • Selanjutnya akan rilis preliminary estimates GDP untuk Q3 yang diperkirakan bertumbuh sebesar 0,4% baik pada basis kuartalan maupun antar tahun dipengaruhi oleh maraknya aktifitas masyarakat berkaitan pernikahan Putra Mahkota Inggris. Aktifitas sektor konstruksi dan Jasa (70% dari total GDP) untuk Oktober keduanya diperkirakan masih akan melambat seiring tren pemangkasan pengeluaran baik oleh konsumen maupun pelaku bisnis.
    (vaf)

0 komentar:

Posting Komentar

InstaForex
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review